-->

Friday, 14 December 2018

author photo

BAB I
PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
Progran inovasi pada hakikatnya adalah rencana untuk melakukan pembaharuan dan perubahan (Budi Sanjaya, 2008). Inovasi berarti suatu konsep perubahan atau pembaharuan, yang menyiratkan terjadinya kondisi yang berbeda dari sebelumnya.
Inovasi pendidikan disekolah merupakan program perubahan yang sebagiannya terjadi di lingkungan sekolah, antara lain meliputi perubahan dan pembaharuan dalam tenaga pendidikan, inovasi kurikulum, dan inovasi pembelajaran. Semua tindak inovasi itu dilaksanakan melalui serangkaian program yang dilaksanakan secara prosedural.

B.     RUMUSAN MASALAH
                        1.         Jelaskan Hakikat Monitoring Evaluasi?
                        2.         Jelaskan Prinsip-Prinsip Monitoring dalam Inovasi Pendidikan?
                        3.         Jelaskan Objek Monitoring dan Evaluasi Program?
                        4.         Bagaimana Implementasi Monitoring Evaluasi dalam Inovasi Pendidikan?

C.    TUJUAN PENULISAN
Tujuannya yaitu agar mahasiswa dan para pembaca dapat mengetahui hakikat monitoring evaluasi, prinsip-prinsip monitoring, objek monitoring dan evaluasi program, serta dapat mengimplementasikan monitoring evaluasi dalam inovasi pendidikan.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    HAKIKAT MONITORING EVALUASI
                        1.      Pentingnya Monitoring
Monitoring inovasi bertujuan mengetahui perkembangan pelaksanaan penyelenggaraan program inovasi, sudah sesuai dengan yang direncanakan atau tidak, kendala dan hambatan yang ditemukan, serta upaya-upaya untuk mengatasi kendala yang muncul selama penyelenggaraan program.  Monitoring lebih berpusat pada pengontrolan selama program berjalan dan lebih bersipat klinis (Rohiat, 2008: 115).
Kegiatan monitoring berhubungan dengan salah satu fungsi manajemen, yaitu controlling atau pengewasan. George R. Terry menenangkan bahwa controlling adalah proses penentuan segala sesuatu yang harus disesuaikan, berkenaan dengan pelaksanaan, penilaian pelaksanaan, dan jika perlu dilakukan tindakan kolektif agar pelaksanaan tetap sesuai dengan rencana  yang telah ditetapkan (standar). Sedangkan, H. Koontz dan O’Donnell menyebutkan bahwa controlling adalah tindakan penilaian/ perbaikan terhadap bawahan untuk menjamin agar pelaksanaannya sesuai dengan rencana. Kegiatan controlling mencakup:
a.       Menetapkan pelaksanaan, artinya pelaksanaan inovasi harus terlebih dahulu melakukan standardisasi, sehingga ada sesuatu yang menjadi target.
b.      Pengukuran pelaksanaan (tolak ukur) pekerjaan dibandingkan dengan standar.
c.       Menentukan kesenjangan antara pelaksanaan dengan standar dan rencana. Kesenjangan yaitu bentangan jarak antara hasil dengan standar.
                        2.      Evaluasi Program Inovasi
Evaluasi (penilaian) menjadi bagian integral dalam usaha pendidikan. Penilaian inovasi adalah proses penilaian (evaluasi) yang dilakukan terhadap kegiatan. Dilihat dari tujuan dan fungsinya, penilaian inovasi adalah:
a.       Memberikan umpan balik kepada pelaksana program dalam rangka memperbaiki kinerja inovasi yang lebih tepat sesuai dengan tingkat kemampuan dan potensi yang dimiliki;
b.      Memberikan informasi kepada masyarakat tentang keberhasilan program, dengan tujuan memperbaiki atau mengembangan program inovasi lanjutan;
c.       Menentukan tinglat keberhasilan yang dibutuhkan untuk rancangan laporan kepada pihak yang berwenang, seperti Dinas Pendidian, kepala sekolah, dan masyarakat.
Pada pihak lain, evaluasi inovasi berguna untuk:
1)         Mendukung objektivitas pengamatan yang dilakukan petugas evaluasi dan monitoring,
2)         Menimbulkan perilaku di bawah kondisi yang relatif terkontrol,
3)         Mengukur sampel kemampuan individu,
4)         Memperoleh kemampuan mengukur hasil yang sesuai dengan tujuan dan standar yang ditetapkan,
5)         Mengungkapkan kondisi yang tidak kasat mata atau hal-hal yang tidak terduga,
6)         Mendeteksi karakteristik dan komponen prilaku,
7)         Meramalkan kegiatan yang akan datang,
8)         Menyediakan data sebagai umpan balik dan membuat keputusan.
Keterangan lain fungsi penilaian adalah sebagi berikut:
a)         Memberikan gambaran atau potret keberhasilan inovasi dalam semua aspek. Potret ini merupakan potret diri, potret program, potret prosedur bagi pelaksanaan dan penerimaan program yang dapat berbentuk laporan inovasi;
b)         Menumbuhkan ketelitian pelaksanaan program;
c)         Menempatkan program inovasi dalam situasi yang tepat.
                     3.         Ciri-ciri Monitoring yang Baik
a.       Dilakukan secara berkelanjutan, melibatkan instansi yang berkaitan, dan fokus pada perkembangan pencapaian tujuan;
b.      Melihat perkembangan program dan kerjasama tim;
c.       Bergantung pada kualitas perencanaan;
d.      Menuntut kunjungan secara berkala didukung dengan analisis perkembangan dan laporan.

B.     PRINSIP-PRINSIP MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM INOVASI
Prinsip-prinsip monitoring dan evaluasi secara umum, adalah sebagai berikut:
                        1.      Prinsip Menyeluruh
Monitoring dan evaluasi mencakup berbagai aspek, yaitu sebagai berikut:
a.          Relativitas keuntungan program atau keuntungan relatif program terhadap upaya pengembangan pendidikan. Tingkat keuntungan atau mamfaat suatu inovasi dapat diukur berdasarkan nilai ekonomi atau faktor status sosial, kesenangan, dan kepuasan.
b.         Konsistensi program terhadap tujuan yang hendak dicapai. Berkaitan dengan kemapanan program, komitmen, termasuk kesepakatan menjalankan program inovasi sesuai dengan tujuan yang ditetapkan.
c.          Kemudahan, artinya kemudahan dalam try-out, kemudahan dalam penggunaan, pengujian, dan sebagainya.
d.         Observatibilitas atau kemudahan untuk diobservasi. Program bersifat terbuka sehingga cepat diamati dan diterima oleh masyarakat.
e.          Kompleksitas, mencakup keseluruhan program, keterlibatan usaha untuk pelatihan, kertas kerja, dan sebagainya. Kompleksitas ialah tingkat kesukaran untuk memahami dan menggunakan inovasi bagi penerima.
                        2.      Prinsip Kontinuitas
      Prinsip kontinuitas yaitu upaya untuk terus-menerus mengikuti pertumbuhan, perkembangan, perubahan situasi dan kondisi serta segala hal yang menyangkut upaya inovasi.
                        3.      Prinsip Objektivitas
      Prinsip objektif yaitu keikhlasan dan kearifan ketika melakukan monitoring dan evaluasi, mengedepankan kepentingan ilmiah daripada kepentingan perasaan.

C.    OBJEK MONITORING DAN EVALUASI PROGRAM
Objek monitoring dan evaluasi program inovasi pendidikan menyangkut semua aspek proses inovasi yang meliputi sebagai berikut:
                        1.      Proses Permulaan
Proses permulaan memonitoring dengan kegiatan pengumpulan informasi, konseptualisasinya, dan perencanaan untuk menerima inovasi, proses ini terdiri atas:
a.          Agenda setting, yaitu perumusan masalah organisasi dalam rangka menentukan kebutuhan inovasi melalui analisis SWOT sebagai upaya survei internal (strength/kekuatan dan weakness/kelemahan), dan survei eksternal (opportunities/peluang dan threats/ancaman).
b.         Agenda penyesuaian, meliputi penyesuaian masalah dengan inovasi yang digunakan dan rancangan desain penerapan inovasi.
c.          Keputusan menerima inovasi, yaitu seberapa jauh inovasi dapat diterima, seberapa banyak masyarakat menerima inovasi, dan sebagainya.
                        2.      Proses Implementasi
Sasaran monitoring dan evaluasi, yaitu kejadian, kegiatan, keputusan, dan penggunaan inovasi. Dilihat dari sisi kegunaannya dalam implementasi diantaranya:
a.          Redefinisi, sasarannya adalah kegiatan modifikasi atau reinvensi dan kegiatan modifikasi atau restrukturisasi organisasi yang sehubungan dengan kegiatan inovasi yang dilaksanakan.
b.         Klarifikasi, sasarannya adalah hubungan inovasi dengan organisasi dan tindak lanjut inovasi.
c.          Rutinisasi, sasarannya adalah inovasi dapat diterima sebagai kostum penggunaan sehari-hari atau tidak.
                        3.      Proses penutup, yaitu monitoring dilakukan dalam rangka mengetahui perkembangan penyelenggaraan program dan evaluasi untuk mengetahui tingkat keberhasilan program. Hasilnya dibuat dalam bentuk laporan untuk mendapatkan tindak lanjut.

D.    IMPLEMENTASI MONITORING EVALUASI DALAM INOVASI PENDIDIKAN
      Dalam hubungan dengan kegiatan inovasi, monitoring dilaksanakan untuk mengawasi dan mengecek kegiatan inovasi sehingga dapat mengetahui kelebihan, kekurangan, kekuatan dan kelemahan dari pelaksanaan inovasi tersebut. Jika hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan maka pihak yang melakukan monitoring akan mengambil tidakan-tindakan sebagai berikut:
                        1.      Memperbaiki peralatan atau sasaran yang rusak, tidak memadai, atau tidak menunjang program.
                        2.      Mengganti program dengan program yang baru, dengan susunan dan perencanaan yang  lebih baik dari sebelumnya.
                        3.      Mengubah prilaku para inovasi ataupun para penerima inovasi.
                        4.      Melakukan re-organisasi institusi. Restrukturisasi memungkinkan terjadinya pemikiran-pemikiran baru yang dapat menunjang terlaksananya program.
BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
Inovasi yaitu suatu konsep perubahan atau pembaharuan, yang menyiratkan terjadinya kondisi yang berbeda dari sebelumnya. Monitoring inovasi bertujuan mengetahui perkembangan pelaksanaan penyelenggaraan program inovasi, sudah sesuai dengan yang direncanakan atau tidak, apasaja kendala dan hambatan yang ditemukan, serta upaya-upaya untuk mengatasi kendala yang muncul selama penyelenggaraan program.
Kegiatan monitoring berhubungan dengan fungsi manajemen, yaitu controlling atau pengewasan. Ciri-ciri monitoring yang baik yaitu dilakukan secara berkelanjutan, melihat perkembangan program dan kerjasama tim, bergabung pada kualitas perencanaan serta menganalisis perkembangan dan laporan hasil kegiatan. Prinsip-prinsip monitoring dan evaluasi program meliputi prinsip menyeluruh, kontinuitas, dan objektivitas.

DAFTAR PUSTAKA

Rusdiana, A. 2014. Konsep Inovasi Pendidikan (Cet. ke-1). Bandung: CV. Pustaka Setia











your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post