-->

Tuesday 11 December 2018

author photo


1.      Contoh Kasus
Saya adalah sorang siswa yang baru masuk SMK di Bayan, Saya lulusan SMP ternama di Tanjung Lombok Utara, pada awalnya saya tidak mau sekolah di daerah Bayan karena saya takut jauh dari orang tua, namun karena factor dukungan dan motivasi dari orang tua, akhirnya saya sekolah SMK di Bayan. Dengan cara diam di kost.
Pada beberapa bulan pertama berjalan biasa saja, tetapi itu tidak berlangsung lama. Ternyata lingkungan kos saya berkata berbeda, saya yang dulunya tidak bias merokok akhirnya bias merokok karena ikut bujukan dari kawan-kawan kost. Sehingga kadang-kadang saya harus berbohong kepada orang tua, untuk segera mengirimkan uang dengan alasan praktek atau beli buku pelajaran, padahal uang yang diberikan saya gunakan untuk beli rokok, main playstasion dan hura-hura dengan teman kos.
Keperbadian saya yang ada di rumah solah-olah telah berganti dan saya merasa sangat nyaman dengan dunia saya yang baru, dan hal ini terjadi karena orang-orang yang ada disekitar saya yang kehidupanya seperti itu, kalau saya tidak ikut di lingkaran mereka maka dengan otomatis saya akan di kucilkan dari lingkaran mereka.
Berdasarkan contoh kasus yang saya alami diatas maka dapat saya simpulkan bahwa tekanan lingkuan akan berpengaruh terhadap perkembangan prilaku, etika, sopan santun dan psikologi seseorang. Karena lingkungan adalah factor pendukung perkembangan psikologi seseorang, lingkungan yang kondusif aman dan nyaman serta jauh dari hal-hal yang negative maka akan menciptakan manusia yang memiliki kecerdasan dan perkembangan psikologi yang maksimal sehingga bias menjadi seorang yang mampu memberi kontibusi kepda keluarga dan Negara.
Dalam teori Bhaviorisme bahwa ada yang menyatakan perkembangan Psikologi manusia dapat di pengaruhi oleh lingkungan sekitar, dan di jadikan sebagai factor pendukung bila lingkungan itu bagus, serta factor penghambat bila lingkungan itu tidak bagus.
your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post