BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Diklat dapat di definisikan sebagai
upaya untuk meningkatkaan pengetahuan keterampilan dan sikap. Dari definisi tersebut
maka tujuan dari di selenggarakannya
program diklat adalah untuk meningkatkan kompetensi dari peserta diklat yang pada akhirnya
dapat di pergunakan oleh peserta latihan tersebut dalam
pelaksanaan pekerjaan sehari-hari,
dengan
harapan pelaksanaan tugas dari instansi tempat
peserta diklat tersebut
dapat lebih meningkat dan optimal.
Proses evaluasi diklat dapat di
lakukan sejak awal perencanaan program diklat, atau setelah jangka waktu
tertentu sejak peserta kembali ketempat kerja masing-masing. Kirpatrick 1 mengatakan bahwa proses
evaluasi diklat adalah satu kesatuan proses mulai dari perencanaan sampai pada
pelaksanaan program diklat yang terdiri dari 10 tahap proses:
a. Menentukan kebutuhan
Suatu
proses yang sistematis dalam mengidentifikasikan kesimpangan antara sasaran dengan keadaan nyata. Tujuannya; menemukan adanya suatu
kesenjangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap-sikap yang dapat di simpulkan
melalui diklat.
b. Menetapkan tujuan
Setiap
tujuan harus di evaluasi dengan mengujinya dan kesemuanya harus merupakan
kesatuan yang harmonis.
c. Menentukan isi materi
Isi
materi diklat ini tergantung dari diklat yang akan di laksanakan. Dengan mengujinya dan
kesemuanya harus merupakan kesatuan yang harmonis.
d. Memilih peserta diklat
Dalam
memilih peserta diklat, harus sesuai dengan materi pelatihan. Contohnya tentang pendidikan,
yang menjadi peserta diklat yaitu guru bukan kepala sekolah.
e. Menentukan jadwal
pelatihan
f. Memilih fasilitas atau
sarana pelatihan yang paling sesuai.
g. Memilih pelatih yang
paling sesuai.
h. Memilih dan membantu
menyiapkan alat bantu audio visual.
i.
Koordinasi
program pelatihan.
j.
Evaluasi
program pelatihan.
BAB II
PEMBAHASAN
1.
PRINSIP
EVALUASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Prinsip dari evaluasi diklat adalah melakukan evaluasi terhadap
keseluruhan proses kegiatan diklat dari awal sampai pada akhirnya. Sebagai contoh pada
tahap pertama menentukan kebutuhan .
Maka evaluasi diklat untuk melakukan evaluasi kembali apakah kebutuhan dari
peserta pelatihan sudah sesuai dengan
program pelatihan yang di berikan?
Demikian
juga pada tahap kedua menetatapkan tujuan pelatihan, evaluasi diklat termasuk
evaluasi purna diklat harus mampu untuk
mengevaluasi apakah penetapan tujuan pelatihan telah sesuai? Apakah tujuan pelatihan
telah memperhatikan kebutuhan?
2.
MODEL
EVALUASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Kirkpatrick
memperkenalkan model “The four levers” dalam melakukan evaluasi pelatihan
yaitu;
a.
Level 1 REAKSI;
mengukur bagaimana peserta pelatihan bereaksi terhadap program -pelatihan.
b.
Level 2 PEMBELAJARAN;
mengukur bagaimana peserta pelatihan menerima kegiatan pembelajaran, apakah
peserta telah berubah pengetahuan, keterampilan dan perilakunya.
c.
Level 3
PERILAKU;mengukur bagaimana peserta pelatihan telah berubah perilakunya akibat
dari program pelatihan yang diikuti.
d.
Level 4 HASIL; mengukur
apa hasil yang diperoleh, karna peserta pelatihan mengikuti program pelatihan;
misalnya meningkatnya produktifitas dan lainnya.
Ada banyak faktor yang
menyebabkan seseorang berubah perilakunya, dan bukan hanya semata-mata karena
faktor mengikuti program pelatihan. Bisa jadi program pelatihannya sangat baik,
namun tidak ada kemungkinan untuk berubah dari diri peserta pelatihan, atau
bisa jadi ada keinginan namun tidak tahu bagaimana caranya untuk berubah, atau
faktor lain diluat diri peserta pelatihan misalnya tidak ada suasana kondusif
untuk melakukan perubahan, atau tidak ada keuntungannya dengan melakukan
perubahan.
1)
Tahap perencanaan
evaluasi terdiri dari dua kegiatan pokok yaitu mengembangkan tujuan evaluasi,
dan mengembangkan rencana evaluasi.
2)
Tahap kedua adalah pengumpulan
data, yang terdiri dari dua kegiatan pokok, yang pertama adalah pengumpulan
data selama program pelatihan berlangsung.
3)
Tahap yang ketiga
adalah melakukan analisis data yang terdiri dari 5 kegiatan pokok. Mengisolasi
pengaruh pelatihan, mengkonversi data kedalam nilai uang, dapatkan program
pelatihan, hitung ROI, dan identifikasi manfaat lain.
4)
Tahap yang keempat
adalah melaporkan hasil evaluasi.
3.
PELAKSANAAN
EVALUASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Dengan
menggunakan model ROI proses dari jack L. Philips . Pelaksanaan evaluasi diklat
dapat dilakukan dilakukan dalam 4 tahap.
a. Perencanaan
Evaluasi
Pada tahap perencanaan evaluasi diklat ini perlu memperhatikan
tujuan dari program diklat yang hendak di evaluasi sebagai dasar untuk
pelaksanaan rencana evaluasi. Para perancangan evaluasi purna diklat untuk
menetapkan jenis data yang akan di peroleh, bagaimana mendapatkan data,
melakukan isolasi dampak diklat dan lain- lain .
b. Pengumpulan
Data
Sebagai contoh
peserta a dan peserta b sebagai target evaluasi diklat, jika di asumsikan peserta a dan peserta b
adalah memiliki kemampuan yang sama, maka harapannya dari evaluasi diklat terhadappeserta a dan peserta b akan mengarah
pada pencapean knerja yang sama pada saat diklat diklat berakhir atau setelah
kembali ke tempat kerja masing –masing.
Dengan
demikian sangat penting untuk mendapatkan data yang akurat dan lengkap untuk
melakukan analisis secara tepat pula yang akan mengarahkan pada
pengambilan kesimpula dan keputusan yang tepat pula. Perencanaan
evaluasi yang baik akan membantu
menetapkan jenis data dan pembuktian yang harus di peroleh dalam
evaluasi diklat.
c. Analisis
dan Evaluasi Data
Setelah direncakan dengan baik dan data di peroleh secara lengkap dan
akurat, proses berikutnya adalah
melakukan analisis dan evaluasi data. Dalam analisis dan evaluasi data perlu
di pertimbangkan data-data yang relevan dalam proses analisis, termasuk
mempertimbangkan danpak dari program diklat.
d. Pelaporan
hasil evaluasi diklat
Secara umum pelaporan evaluasi diklat adalah melaporkan
seluruh kegiatan yang dilakukan selama
proses evaluasi, mulai dari perencanaan nsampai pada kesimpulan dan tindak
lanjut.
Bagian I -Data
Umum Program Diklat
1) Nama program
diklat
2) Tujuan program
diklat
3) Karakteristik
dari program diklat
4) Peserta
diklat
5) Pihak-pihak
yang terkait dengan program diklat
6) Hal
lain yang relevan dengan program diklat
Bagian
II – Evaluasi hasil diklat
1) Tujuan
evaluasi dan hasil yang diharapkan
2) Rancangan
evaluasi diklat
3) Data
dan bukti yang di peroleh selama evaluasi diklat
4) Analisis
terhadap data dan bukti
5) Tanggapan
dan diskusi
Bagian
III- Simpulan dan tindak lanjut
1) Simpulan
dan rekomendasi
2) Tindak
lanjut
4.
TINDAK
LANJUT
Peraktik yang
terbaik adalah dengan melakukan beberapa
kali evaluasi diklat. Hasil evaluasi diklat perlu di tindak lanjuti, dan selanjutnya dilakukan evaluasi diklat kembali untuk melakukan analisis dan evaluasi diklat selanjutnya dengan memperhatikan
data dan hasi analisis evaluasi diklat sebelumnya. Pelaksanaan diklat
selanjutnya dapat terus di tingkatkan. Evaluasi diklat adalah sebuah evaluasi yang komprehensif
untuk menilai keberhasilan
program diklat, khususnya berkaitan dengan keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran atau tujuan diklat.
Perancangan
pelaksanaan evaluasi diklat sangat penting untuk mencapai keberhasilan evaluasi
diklat, apa yang hendak di evaluasi, bagaimana cara melakukan evaluasi, data
dan informasi apa saja yang di butuhkan
untuk analisis dan evaluasi serta
saran dan rekomendasi yang akan di hasilkan. Keberhasilan evaluasi
diklat akan membantu lembaga diklat untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan
diklat secara keseluruhan.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Program
diklat adalah untuk meningkatkan kompetensi dari peserta diklat yang pada akhirnya
dapat di pergunakan oleh peserta latihan tersebut dalam
pelaksanaan pekerjaan sehari-hari,
dengan
harapan pelaksanaan tugas dari instansi tempat
peserta diklat tersebut
dapat lebih meningkat dan optimal. Yang dimana program diklat mempunyai beberapa model
yaitu
a.
Level 1 REAKSI;
mengukur bagaimana peserta pelatihan bereaksi terhadap program -pelatihan.
b.
Level 2 PEMBELAJARAN;
mengukur bagaimana peserta pelatihan menerima kegiatan pembelajaran, apakah
peserta telah berubah pengetahuan, keterampilan dan perilakunya.
c.
Level 3
PERILAKU;mengukur bagaimana peserta pelatihan telah berubah perilakunya akibat
dari program pelatihan yang diikuti.
d.
Level 4 HASIL; mengukur
apa hasil yang diperoleh, karna peserta pelatihan mengikuti program pelatihan;
misalnya meningkatnya produktifitas dan lainnya.
1.
Pelaksanaan
program diklat yaitu sebagai berikut:
a.
Perencanaan Evaluasi
b.
Pengumpulan Data
c.
Analisis dan Evaluasi
Data
d.
Pelaporan hasil
evaluasi diklat
DAFTAR PUSTAKA
Daryanto
& Bintoro. 2014. Manajemen Diklat.
Yogyakarta: Penerbit Gava Media
This post have 0 komentar