-->

Sunday, 16 December 2018

author photo

BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
          Diklat dapat di definisikan sebagai upaya untuk meningkatkaan pengetahuan keterampilan dan sikap. Dari definisi tersebut maka tujuan dari di selenggarakannya  program diklat adalah untuk meningkatkan kompetensi dari peserta diklat yang pada akhirnya dapat di  pergunakan oleh peserta latihan tersebut dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari, dengan harapan pelaksanaan tugas dari instansi tempat  peserta diklat  tersebut dapat  lebih meningkat dan optimal.
          Proses evaluasi diklat dapat di lakukan sejak awal perencanaan program diklat, atau setelah jangka waktu tertentu sejak peserta kembali ketempat kerja masing-masing. Kirpatrick 1 mengatakan bahwa proses evaluasi diklat adalah satu kesatuan proses mulai dari perencanaan sampai pada pelaksanaan program diklat yang terdiri dari 10 tahap proses:
a.       Menentukan kebutuhan
Suatu proses yang sistematis dalam mengidentifikasikan kesimpangan  antara sasaran dengan keadaan nyata. Tujuannya; menemukan adanya suatu kesenjangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap-sikap yang dapat di simpulkan melalui diklat.
b.      Menetapkan tujuan
Setiap tujuan harus di evaluasi dengan mengujinya dan kesemuanya harus merupakan kesatuan yang harmonis.
c.       Menentukan isi materi
Isi materi diklat ini tergantung dari diklat yang akan di laksanakan. Dengan mengujinya dan kesemuanya harus merupakan kesatuan yang harmonis.
d.      Memilih peserta diklat
Dalam memilih peserta diklat, harus sesuai dengan materi pelatihan. Contohnya tentang pendidikan, yang menjadi peserta diklat yaitu guru bukan kepala sekolah.
e.       Menentukan jadwal pelatihan
f.       Memilih fasilitas atau sarana pelatihan yang paling sesuai.
g.      Memilih pelatih yang paling sesuai.
h.      Memilih dan membantu menyiapkan  alat bantu audio visual.
i.        Koordinasi program pelatihan.
j.        Evaluasi program pelatihan.

BAB II
PEMBAHASAN

1.      PRINSIP EVALUASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
         Prinsip dari evaluasi diklat adalah melakukan evaluasi terhadap keseluruhan proses kegiatan diklat dari awal sampai pada akhirnya. Sebagai contoh pada tahap pertama  menentukan kebutuhan . Maka evaluasi diklat untuk melakukan evaluasi kembali apakah kebutuhan dari peserta pelatihan sudah sesuai  dengan program pelatihan yang di berikan?
          Demikian juga pada tahap kedua menetatapkan tujuan pelatihan, evaluasi diklat termasuk evaluasi purna diklat  harus mampu untuk mengevaluasi apakah penetapan tujuan pelatihan telah sesuai? Apakah tujuan pelatihan telah memperhatikan kebutuhan?

2.      MODEL EVALUASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
Kirkpatrick memperkenalkan model “The four levers” dalam melakukan evaluasi pelatihan yaitu;
a.          Level 1 REAKSI; mengukur bagaimana peserta pelatihan bereaksi terhadap program -pelatihan.
b.         Level 2 PEMBELAJARAN; mengukur bagaimana peserta pelatihan menerima kegiatan pembelajaran, apakah peserta telah berubah pengetahuan, keterampilan dan perilakunya.
c.          Level 3 PERILAKU;mengukur bagaimana peserta pelatihan telah berubah perilakunya akibat dari program pelatihan yang diikuti.
d.         Level 4 HASIL; mengukur apa hasil yang diperoleh, karna peserta pelatihan mengikuti program pelatihan; misalnya meningkatnya produktifitas dan lainnya.
Ada banyak faktor yang menyebabkan seseorang berubah perilakunya, dan bukan hanya semata-mata karena faktor mengikuti program pelatihan. Bisa jadi program pelatihannya sangat baik, namun tidak ada kemungkinan untuk berubah dari diri peserta pelatihan, atau bisa jadi ada keinginan namun tidak tahu bagaimana caranya untuk berubah, atau faktor lain diluat diri peserta pelatihan misalnya tidak ada suasana kondusif untuk melakukan perubahan, atau tidak ada keuntungannya dengan melakukan perubahan.
1)        Tahap perencanaan evaluasi terdiri dari dua kegiatan pokok yaitu mengembangkan tujuan evaluasi, dan mengembangkan rencana evaluasi.
2)        Tahap kedua adalah pengumpulan data, yang terdiri dari dua kegiatan pokok, yang pertama adalah pengumpulan data selama program pelatihan berlangsung.
3)        Tahap yang ketiga adalah melakukan analisis data yang terdiri dari 5 kegiatan pokok. Mengisolasi pengaruh pelatihan, mengkonversi data kedalam nilai uang, dapatkan program pelatihan, hitung ROI, dan identifikasi manfaat lain.
4)        Tahap yang keempat adalah melaporkan hasil evaluasi.

3.      PELAKSANAAN EVALUASI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN
         Dengan menggunakan model ROI proses dari jack L. Philips . Pelaksanaan evaluasi diklat dapat dilakukan  dilakukan dalam 4 tahap.
a.    Perencanaan  Evaluasi
Pada tahap perencanaan evaluasi diklat ini perlu memperhatikan tujuan dari program diklat yang hendak di evaluasi sebagai dasar untuk pelaksanaan rencana evaluasi. Para perancangan evaluasi purna diklat untuk menetapkan jenis data yang akan di peroleh, bagaimana mendapatkan data, melakukan isolasi dampak diklat dan lain- lain .
b.   Pengumpulan  Data
         Sebagai contoh peserta a dan peserta b sebagai target evaluasi diklat,  jika di asumsikan peserta a dan peserta b adalah memiliki kemampuan yang sama, maka harapannya dari evaluasi diklat  terhadappeserta a dan peserta b akan mengarah pada pencapean knerja yang sama pada saat diklat diklat berakhir atau setelah kembali ke tempat kerja masing –masing.
           Dengan demikian sangat penting untuk mendapatkan data yang akurat dan lengkap untuk melakukan analisis secara tepat pula yang akan mengarahkan  pada  pengambilan kesimpula dan keputusan yang tepat pula. Perencanaan evaluasi yang baik akan membantu  menetapkan  jenis data dan  pembuktian yang harus di peroleh dalam evaluasi diklat.
c.       Analisis dan Evaluasi Data
        Setelah direncakan dengan baik dan data di peroleh secara lengkap dan akurat,  proses berikutnya adalah melakukan analisis dan evaluasi data. Dalam analisis dan evaluasi data perlu di pertimbangkan data-data yang relevan dalam proses analisis, termasuk mempertimbangkan danpak dari program diklat.
d.      Pelaporan hasil evaluasi diklat
        Secara umum  pelaporan evaluasi diklat adalah melaporkan seluruh  kegiatan yang dilakukan selama proses evaluasi, mulai dari perencanaan nsampai pada kesimpulan dan tindak lanjut.
Bagian  I  -Data Umum  Program  Diklat
1)      Nama  program  diklat
2)      Tujuan  program  diklat
3)      Karakteristik dari  program  diklat
4)      Peserta diklat
5)      Pihak-pihak yang terkait dengan program diklat
6)      Hal lain yang relevan dengan program  diklat
     Bagian II – Evaluasi hasil diklat
1)      Tujuan evaluasi dan hasil yang diharapkan
2)      Rancangan evaluasi diklat
3)      Data dan bukti yang di peroleh selama evaluasi diklat
4)      Analisis terhadap data dan bukti
5)      Tanggapan dan diskusi
Bagian III- Simpulan dan  tindak lanjut
1)      Simpulan dan  rekomendasi
2)      Tindak lanjut

4.      TINDAK LANJUT
        Peraktik yang terbaik adalah  dengan melakukan beberapa kali evaluasi diklat. Hasil evaluasi diklat perlu di tindak lanjuti, dan  selanjutnya dilakukan evaluasi diklat  kembali untuk melakukan  analisis dan evaluasi diklat  selanjutnya dengan  memperhatikan  data  dan  hasi analisis evaluasi diklat sebelumnya. Pelaksanaan diklat selanjutnya dapat terus di tingkatkan. Evaluasi diklat adalah  sebuah evaluasi yang  komprehensif  untuk  menilai keberhasilan program diklat, khususnya berkaitan dengan keberhasilan dalam  mencapai tujuan  pembelajaran atau tujuan diklat.
       Perancangan pelaksanaan evaluasi diklat sangat penting untuk mencapai keberhasilan evaluasi diklat, apa yang hendak di evaluasi, bagaimana cara melakukan evaluasi, data dan informasi apa saja yang di butuhkan  untuk analisis dan evaluasi  serta saran dan rekomendasi yang akan di hasilkan. Keberhasilan evaluasi diklat akan membantu  lembaga  diklat untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan diklat secara keseluruhan.






BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Program diklat adalah untuk meningkatkan kompetensi dari peserta diklat yang pada akhirnya dapat di  pergunakan oleh peserta latihan tersebut dalam pelaksanaan pekerjaan sehari-hari, dengan harapan pelaksanaan tugas dari instansi tempat  peserta diklat  tersebut dapat  lebih meningkat dan optimal. Yang dimana program diklat mempunyai beberapa model yaitu
a.       Level 1 REAKSI; mengukur bagaimana peserta pelatihan bereaksi terhadap program -pelatihan.
b.      Level 2 PEMBELAJARAN; mengukur bagaimana peserta pelatihan menerima kegiatan pembelajaran, apakah peserta telah berubah pengetahuan, keterampilan dan perilakunya.
c.       Level 3 PERILAKU;mengukur bagaimana peserta pelatihan telah berubah perilakunya akibat dari program pelatihan yang diikuti.
d.      Level 4 HASIL; mengukur apa hasil yang diperoleh, karna peserta pelatihan mengikuti program pelatihan; misalnya meningkatnya produktifitas dan lainnya.
1.      Pelaksanaan program diklat yaitu sebagai berikut:
a.       Perencanaan  Evaluasi
b.      Pengumpulan  Data
c.       Analisis dan Evaluasi Data
d.      Pelaporan hasil evaluasi diklat







DAFTAR PUSTAKA

Daryanto & Bintoro. 2014. Manajemen Diklat. Yogyakarta: Penerbit Gava Media
your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post