-->

Sunday 16 December 2018

author photo

NAMA    : ZOHRATUL AINI
NIM        : 17141016
PRODI   :  PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

Soal   :  Menganalisis krisis tentang masalah dalam psikologi social dikaitkan dengan teori-teori pendekatan psikologi.

Jawab :
Ø  Teori Pendekatan Behaviorisme
Behaviorisme adalah teori perkembangan perilaku, yang dapat diukur, diamati dan dihasilkan oleh respons pelajar terhadap rangsangan. Tanggapan terhadap rangsangan dapat diperkuat dengan umpan balik positif atau negatif terhadap perilaku kondisi yang diinginkan (Arya, 2010).https://client.dewaweb.com/aff.php?aff=1252

Ø  Contoh Masalah Dilingkungan Keluarga.
Ada seorang anak yang tidak diperdulikan oleh orang tuanya dan dia jarang mendapatkan perhatian dan kasih sayang dari orang tuanya. Karena ibunya sibuk bekerja sedangkan bapaknya setiap hari pergi berjudi dan minum minuman keras. Dan disaat orang tuanya dirumah pasti mereka bertengkar. Sehingga waktu untuk bersama anaknya tidak ada. Mereka lebih mementingkan egonya sendiri tampa memperdulikan anaknya.
Lama kelamaan melihat sikap orang tuanya yang seperti itu, membuat jiwanya tertekan sehingga anak yang tadinya pendiam, jarang keluar rumah, tutur katanya sopan, dan patuh kepada orang tua, malah menjadi sebaliknya. Yaitu menjadi anak yang nakal, suka keluar keluyuran dari pagi sampai malam, suka mengkonsumsi minum minuman keras, suka membantah orang tuanya, dan tutur katanya kasar.
Semua itu di dipengaruhi oleh lingkungan dan prilaku orang tuanya yang tidak memperdulikan dia lagi. Sehingga prilaku anaknya menjadi menyimpang. Karena dimana lingkungan keluarga merupakan tempat pertama kali karakter atau tingkah laku anak dibentuk dan juga tempat pertama kali anak mendapatkan pelajaran. Jika orang tua mencontohkan hal yang baik kepada anaknya dari sejak dini maka anaknya akan mengikuti jejak orang tuanya, tapi begitu juga sebaliknya. Jika orang tua mencontohkan hal yang tidak baik maka anak juga akan mengikutinya.
Jadi, masalah orang tua yang tidak peduli terhadap anaknya dan mereka memberikan contoh yang tidak baik kepada anaknya sehingga membuat prilaku anaknya menjadi menyimpang. Dan ini berkaitan dengan teori behaviorisme dimana perkembangan prilaku anak dipengaruhi oleh rangsangan yang di terimanya . Baik itu dari lingkungan sekitarnya dan dari orang tuanya yang tidak baik  sehingga menimbulkan respon yang negatif dari anaknya.
Jika lingkungan dan orang tuanya memberikan  dukungan, perhatian dan kasih sayang penuh kepada si anak, dan selalu mengajarkan atau mencontohkan tingkah laku yang baik dalam kehidupan sehari-harinya maka sikap dan tingkah laku anak akan tetap terkontrol sehingga anak akan memberikan respon yang positif  terhadap rangsangan yang dia terima.
your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post