-->

Wednesday 29 June 2016

author photo
Pendidikan luar sekolah (PLS) adalah pendidikan yang ada di masyarakat dan dilaksanakan oleh masyarakat berdasarkan kebutuhan masyarakat . pendidikan luar sekolah hadir untuk melengkapi kebutuhan yang tidak didapat disistem persekolahan formal yang mana sistem persekolah formal tidak mampu atau belum efektif memberikan kontribusi bagi siswa untuk masuk kedunia pekerjaan sekalipun itu mahasiswa dari perguruan tinggi terkenal ataupun siswa berprestasi

pendidikan luas sekolah memiliki sasaran sebagai berikut mulai dari anak usia dini , orang dewasa , bahkan sampai lanjut usia usia (lansia) . dalam proses pembelajaran pendidikan luar sekolah memiliki metode-metode tersendiri yang memiliki daya tarik masyarakat tersendiri . contoh saja untuk anak-anak usia dini digunakan metode paedagogi yang berarti ilmu mendidik anak . metode ini kita hanya gunakan untuk mengajar di paud (pendidikan anak usia dini) , sedangkan untuk dewasa kita gunakan metode andragogi yang berarti pendekatan orang dewasa

metode-metode diatas kita gunakan di tempat yang berbeda , karena beda sasaran jadi beda metode yang kita gunakan demi menambah daya tarik peminat atau pelajar .

b. pokok pembahasan
1. pengertian metode pembelajaran dan teknik pembelajaran
2. jenis-jenis metode dan teeknik pembelajaran
3. perinsip-perinsip memilih metode dan teknik pembelajaran
4. tahap-tahap metode dan teknik pembelajaran
5. faktor-faktor yang mempengaruhi metode dan teknik pembelajaran

BAB II
PEMBAHASAN


1. Pengertian Metode Pembelajaran Pendidikan Luar Sekolah
Metode secara harfiah berarti “cara”. Secara umum, metode diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang dipakai untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam pendapat lain juga dijelaskan bahwa metode adalah cara atau prosedur yang dipergunakan oleh fasilitator dalam interaksi belajar dengan memperhatikan keseluruhan sistem untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan kata “mengajar” sendiri berarti memberi pelajaran (Fathurrohman dan Sutikno, 2007; 55).

Berdasarkan pandangan di atas dapat dipahami bahwa metode mengajar pendidikan luar sekolah merupakan cara-cara menyajikan bahan pelajaran oleh pendidik kepada peserta didik untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Metode itu sendiri merupakan salah satu sub system dalam sistem pembelajaran, yang tidak bisa dilepaskan begitu saja.

Pengertian teknik pembelajaran pendidikan luar sekolah Teknik pembelajaran merupakan pelaksanakan apa yang sesungguhnya terjadi (dilakukan guru) untuk mencapai tujuan yang bersifat implementatif. Teknik pembelajaran adalah keterampilan pembelajaran Keterampilan merupakan perilaku pembelajaran yang paling spesifik. Keterampilan meliputi keterampilan/teknik menjelaskan, demonstrasi, bertanya, dan masih banyak lagi.Teknik pembelajaran pendidikan luar sekolah adalah keterampilan dan seni (kiat) untuk melaksanakan langkah-langkah yang sistematik dalam melakukan suatu kegiatan dalam pendidikan luar sekolah.

2.(a). Jenis-Jenis Metode Pendidikan Luar Sekolah
a. Metode pendidikan luar sekolah 
  • Metode Ceramah (Preaching Method), Metode ceramah yaitu sebuah metode mengajar dengan menyampaikan informasi dan pengetahuan saecara lisan kepada sejumlah siswa yang pada umumnya mengikuti secara pasif. Muhibbin Syah, (2000). Metode ceramah dapat dikatakan sebagai satu-satunya metode yang paling ekonomis untuk menyampaikan informasi, dan paling efektif dalam mengatasi kelangkaan literatur atau rujukan yang sesuai dengan jangkauan daya beli dan paham siswa.
  • Metode diskusi ( Discussion method ), metode diskusi adalah metode mengajar yang sangat erat hubungannya dengan memecahkan masalah (problem solving). Metode ini lazim juga disebut sebagai diskusi kelompok (group discussion) dan resitasi bersama ( socialized recitation )
  • Metode demontrasi ( Demonstration method ), Metode demonstrasi adalah metode mengajar dengan cara memperagakan barang, kejadian, aturan, dan urutan melakukan suatu kegiatan, baik secara langsung maupun melalui penggunaan media pengajaran yang relevan dengan pokok bahasan atau materi yang sedang disajikan. Muhibbin Syah ( 2000).
  • Metode ceramah plus, Metode ceramah plus adalah metode mengajar yang menggunakan lebih dari satu metode, yakni metode ceramah gabung dengan metode lainnya.Dalam hal ini penulis akan menguraikan tiga macam metode ceramah plus yaitu : Metode ceramah plus tanya jawab dan tugas (CPTT). Metode ini adalah metode mengajar gabungan antara ceramah dengan tanya jawab dan pemberian tugas. Metode campuran ini idealnya dilakukan secar tertib, yaitu : (1) Penyampaian materi oleh guru; (2) Pemberian peluang bertanya jawab antara guru dan siswa; (3) Pemberian tugas kepada siswa. Metode ceramah plus diskusi dan tugas (CPDT) Metode ini dilakukan secara tertib sesuai dengan urutan pengkombinasiannya, yaitu pertama guru menguraikan materi pelajaran, kemudian mengadakan diskusi, dan akhirnya memberi tugas. Metode ceramah plus demonstrasi dan latihan (CPDL) Metode ini dalah merupakan kombinasi antara kegiatan menguraikan materi pelajaran dengan kegiatan memperagakan dan latihan (drill).
  • Metode resitasi ( Recitation method ), Metode resitasi adalah suatu metode mengajar dimana siswa diharuskan membuat resume dengan kalimat sendiri .
  • Metode percobaan ( Experimental method ), Metode percobaan adalah metode pemberian kesempatan kepada anak didik perorangan atau kelompok, untuk dilatih melakukan suatu proses atau percobaan. Syaiful Bahri Djamarah, (2000)
2.(b). Jenis-jenis Teknik pembelajaran pendidikan luar sekolah
Teknik-teknik pembelajaran pendidikan luar sekolah digolongkan kedalam tujuh jenis, yaitu:
  • Teknik penyajian (presentasi)
  • Teknik pembinaan partisipasi.
  • Teknik untuk diskusi
  • Teknik simulasi 
  • Teknik pelatihan kelompo
  • Teknik pelatihan tanpa bicara
  • Teknik pelatihan keterampilan praktis dan kepelatihan
3. Prinsip-Prinsip Memilih Metode Dan Teknik Pendidikan Luar Sekolah
a). prinsip-prinsip memilih metode antara lain:
  • Efektif dan efisien.
  • Digunakan secara bervariasi.
  • Digunakan dengan memadukan beberapa metode.
Efektif dan efisien harus selalu dipikirkan dalam penggunaan metode karena untuk tidak terjadi pemborosan waktu maupun biaya dalam pembelajaran. Sedangkan variasi dan pemaduan penggunaan sangat menguntungkan karena untuk megurangi kebosanan, dan memudahkan peserta didik dalam mencapai dalam tujuan pembelajaran. Karena masing-masing metode mempunyai kelebihan dan kekurangannya.

b). Prinsip-prinsip Memilih teknik
Prinsip-prinsip Memilih teknik adalah sebagai berikut::
  • hubungan sebab akibat,
  • kejadian yang diatur oleh suatu keteraturan dan hukum,
  • prosedur atau proses,
  • tujuan suatu kegiatan atau proses.
Prinsip-prinsip Metode Dan Teknik Pendidikan Luar Sekolah
a). prinsip-prinsip dalam menggunakan metode pembelajaran:
  1. pembelajaran langsung, Pembelajaran langsung sangat diarahkan oleh guru. Metode yang cocok antara lain: ceramah, tanya jawab, demonstrasi, latihan, dan drill.
  2. Pembelajaran tidak langsung, Sering disebut inkuiri, induktif, pemecahan masalah, pengambilan keputusan dan penemuan. Strategi ini berpusat pada peserta didik. Metode yang cocok digunakan antara lain: inkuiri, studi kasus, pemecahan masalah, peta konsep.
  3. Pembelajaran interaktif,  Menekankan pada diskusi dan sharing di antara peserta didik, maka metode yang cocok antara lain: diskusi kelas, diskusi kelompok kecil atau projek, kerja berpasangan. 
  4. Pembelajaran mandiri, Merupakan strategi pembelajaran yang bertujuan untuk membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri. Bisa dilakukan dengan teman atau sebagai bagian dari kelompok kecil. Memberikan kesempatan peserta didik untuk bertanggung jawab dalam merencanakan dan memacu belajarnya sendiri. Dapat dilaksanakan sebagai rangkaian dari metode lain atau sebagai strategi pembelajaran tunggal untuk keseluruhan unit. Metode yang cocok antara lain: pekerjaan rumah, karya tulis, projek penelitian, belajar berbasisi komputer, E-learning.
  5. Belajar melalui pengalaman, Berorientasi pada kegiatan induktif, berpusat pada peserta didik dan berbasis aktivitas. Refleksi pribadi tentang pengalaman dan formulasi perencanaan menuju penerapan pada konteks yang lain merupakan faktor kritis dalam pembelajaran empirik yang efektif. Metode yang cocok antara lain: bermain peran, observasi/survey, simulasi.
b). Prinsip-prinsip dalam menggunakan teknik pembelajaran
Prinsip-prinsip dalam menggunakan teknik pembelajaran adalah sebagai berikut:
  • partisipasi peserta didik menjadi tinggi apabila pertanyaan diajukan
  • terjadi campuran antara level kognitif tinggi dan rendah
  • pemahaman pemahaman semakin meningkat
  • pemikiran peserta didik terangsang
  • balikan dan penguatan terjadi
  • kemampuan berfikir kritis demakin tajam
  • kreativitas peserta didik didorong
4. Tahap-tahap Metode Dan Teknik Pendidikan Luar Sekolah
a)Tahap-tahap Metode Pendidikan Luar Sekolah
Metode pembelajaran dalam implementasinya memiliki fase-fase / tahap tertentu. Secara garis besar dalam satu proses interaksi belajar, metode pembelajaran dikelompokkan menjadi empat fase utama, yaitu fase pendahuluan, fase pembahasan, fase menghasilkan dan fase penurunan.

Fase pendahuluan; dimaksudkan untuk menyusun dan mempersiapkan mental set yang menguntungkan, menyenangkan guna pembahasan materi pembelajaran. Dalam fase ini fasilitator dapat melakukan kaji ulang (review) terhadap pembahasan sebelumnnya dan menghubungkan dengan pembahasan berikutnya.

Fase pembahasan dimaksudkan untuk melakukan kajian, pembahasan dan penelahaan terhadap materi pembelajaran. Dalam fase ini, peserta didik mulai dikonsentasikan perhatiannya kepada pokok materi pembahasan. Dalam fase ini perlu dicari metode yang cocok dengan tujuan, sifat materi, latar belakang peserta didik dan guru.

Fase menghasilkan tahap penarikan kesimpulan bedasarkan dari seluruh hasil pembahasan yang berdasarkan pengalaman dan teori yang mendukungnya.

Fase penurunan dimaksudkan untuk menentukan konsentrasi peserta didik secara berangsur-angsur. Ketegangan perhatian peserta didik terhadap materi pembelajaran perlu secara bertahap diturunkan untuk memberi isyarat bahwa proses pembelajaran akan berakhir.

b) Tahap-tahap Teknik Pendidikan Luar Sekolah
Tahap-tahap teknik pembelajaran adalah sebagai berikut:
  • Tahap pembinaan keakraban
  • Tahap identifikasi kebutuhan, sumber dan kemungkinan hambatab
  • Tahap perumusan tujuan balajar
  • Tahap penyusunan program kegiatan
  • Tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran.
  • Tahap penilaiaan proses, hasil dan pengaruh kegiatan pembelajaran
5. Faktor-Faktor Memilih Metode Dan Teknik Pendidikan Luar Sekolah
  • factor-faktor yang perlu di perhatikan dalam menentukan metode pembelajaran, antara lain:
  1. tujuan pembelajaran
  2. kemampuan pendidik
  3. kemampuan peserta didik
  4. jumlah peserta didik
  5. jenis materi
  6. Waktu
  7. fasilitas yang ada.

b). Faktor-faktor yang mempengaruhi teknik pembelajaran
  • Faktor-faktor yang mempengaruhi teknik pembelajaran adalah sebagai berikut:
  1. Faktor manusia
  2. Faktor tujuan belajar
  3. Faktor bahan belajar
  4. Faktor waktu dan fasilitas belajar
  5. Faktor sarana dan prasarana
A. kesimpulan
harus kita ketahui bahwa setiap pembelajaran harus memiliki metode dan teknik tersendiri yang di gunakan tergatung dari tutor/guru sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. dan banyak sekali metode dan teknik pembelajaran pendidikan luar yaitu metode ceramah , metode diskusi , metode kelompok belajar . yang mana memiliki fungsi untuk digunakan pada tempat yang berbeda-beda . dari sekian banyak metode yang ada memiliki beberapa faktor yang mempengaruhi antara lain faktor manusia , faktor tujuan belajar , faktor waktu dan fasilitas belajar , faktor sarana dan prasana . berangkat dari hal itulah tahapan-taahapan metode ini perlu di perhatikan penggunaannya di masyarakat.

B. saran
untuk mendapatkan hasil yang maksimal perlu adanya metode-metode baru yang di kembangkan di tengah-tengah masyarakat supaya daya minat masyarakat untuk belajar pendidikan luar sekolah terus berkembang. dan perlu di perhatikan karakteristik dari siswa supaya tidak jenuh untuk belajar

DAFTAR PUSTAKA

1. hidayati.makhyar "konsep metode dan teknik pembelajaran luar sekolah"20/05/2013."http://makhyarhidayati.blogspot.com/2013/05/konsep-metode-dan-teknik-pembelajaran.html".
2. faisal.sanafiah"pendidikan luar sekolah"2000."usaha nasional "surabaya.
3. Putry.ika”buku metode pembelajaran PLS”2010.”http://ikaput.blogspot.co.id/2012/10/resume-buku-metode-pembelajaran-pls-m.html.
your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post